.

Selasa, 08 Januari 2013

Ekonomi - Menejemen


Manajemen
                Ilmu manajemen adalah merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disistimasi, dikumpulkan, dan diterima kebenaranya.
                Setiap tingkat manajemen memliki keterampilan yang berbeda, keterampilan dalam pengelolaan manajemen terdiri dari :
·         Ketrampilan konseptual, Ketrampilan yang mencukup tentang gagasan, ide dan pembuatan konsep untuk kemajuan organisasi.
·         Ketrampilan komunikasi, ketrampilan berhubungan dengan orag lain.
·         Ketrampilan teknis, ketrampilan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertantu dengan sistem yang lebih baik dengan menghasilkan prodak yang lebih memuaskan.


Manajer
                Seorang yang karena pengalaman, pengetahuan, dan keterampilanya, diakui oleh organisasi untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, dan mengemabngkan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

Fungsi Mnejemen
1.       Perencanaan, kegiatan menyusun rencana, tujuan, kebijakan, prosedur, budget, dan program perusahaan.
2.       Pengorganisasian, yaitu menciptakan struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sehingga hubungan antar bagian dapat enyatu.
3.       Pengarahan, yaitu suatu fungsi kepemimpinan menejer untuk eningkatkan efektifitas dan efesiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan dinamis.
4.       Pengoordinasian, yaitu menghubungkan, memadukan, dan menyelaraskan pekerjaan karyawan agar dapat bekerja sama secara terarah dalam rangka mencapa tujuan organisasi
5.       Pengendalian/Pengawasan, yaitu kegiatan untuk menilai dan untuk mengendalikan jalanya kegiatan agar mencapai tujuan. Fungsi pengendalian mencakup penetapan standar pelaksanaan, penentuan ukuran pelaksanaan, serta pengambilan tindakan koreksi jika pelaksanaan kerja menyimpang.

Fungsi Menejmen menurut G R Terry
1.       Planning (Perencanaan)
2.       Organizing (Pengorganisasian)
3.       Actuating (Menggerakan)
4.       Controling (Pengawasan)

Tingkatan menejemen
·         Menejen Puncak, memiliki kegiatan membuat konsep, ide, dan strategi perusahaan secara umum.
·         Menejemen tingkat menengah, memiliki kegiatan menghubungakn antara menejem lini pertama denagn menejemen puncak.
·         Menejeen lini pertama, Merupakan menejemen yang tingkatanya paling rendah.

Bidang-bidang Menejemen.
·         Menejemen produksi meiliki tugas mendisai jalanya kegiatan produksi, dan mengawasi produksi
·         Manajemen pemasaran memiliki tugas menganalisis, merencanakan, dan mengendalikan program reset pasar.
·         Menejemen keuangan emiliki tugas mengelola dana perusahaan secara efisien guna mencapai tujuan perusahaan
·         Menejemen personalia meiliki tugas menyediakan fasilitas, kesejahteraan, dan gaji karyawan serta melakukan rekrutment karyawan.
·         Menejemen administrasi memiliki tugas memberikan informasi administrasi guna melancarkan suatu kegiatan.

Prinsip prinsip menejemen
1.       Pembagian kerja.
2.       Wewenang dan tanggung jawab.
3.       Disiplin.
4.       Kesatuan perintah.
5.       Kesatuan pengarahan.
6.       Kepentingan organisasi.
7.       Penggajian pegawai.
8.       Pemusatan.
9.       Ketertiban
10.   Keadilan dan kejujuran.
11.   Stabilitas kondisi karyawan.
12.   Prakarsa.
13.   Semangat kesatuan korp.



Kutipan Detik-detik Ekonoi kelas XII

1 komentar:

  1. Semangat belajar Ekonominya Dek.

    Semoga masuk SNMPTN Undangan. Amin ... (/-,-\)

    BalasHapus