Manajemen
Ilmu
manajemen adalah merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disistimasi,
dikumpulkan, dan diterima kebenaranya.
Setiap
tingkat manajemen memliki keterampilan yang berbeda, keterampilan dalam
pengelolaan manajemen terdiri dari :
·
Ketrampilan konseptual,
Ketrampilan yang mencukup tentang gagasan, ide dan pembuatan konsep untuk
kemajuan organisasi.
·
Ketrampilan komunikasi,
ketrampilan berhubungan dengan orag lain.
·
Ketrampilan teknis,
ketrampilan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertantu dengan sistem yang lebih
baik dengan menghasilkan prodak yang lebih memuaskan.
Manajer
Seorang
yang karena pengalaman, pengetahuan, dan keterampilanya, diakui oleh organisasi
untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, dan mengemabngkan kegiatan
organisasi dalam rangka mencapai tujuan.
Fungsi Mnejemen
1.
Perencanaan, kegiatan
menyusun rencana, tujuan, kebijakan, prosedur, budget, dan program perusahaan.
2.
Pengorganisasian, yaitu
menciptakan struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sehingga hubungan
antar bagian dapat enyatu.
3.
Pengarahan, yaitu suatu fungsi
kepemimpinan menejer untuk eningkatkan efektifitas dan efesiensi kerja secara
maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan dinamis.
4.
Pengoordinasian, yaitu
menghubungkan, memadukan, dan menyelaraskan pekerjaan karyawan agar dapat
bekerja sama secara terarah dalam rangka mencapa tujuan organisasi
5.
Pengendalian/Pengawasan,
yaitu kegiatan untuk menilai dan untuk mengendalikan jalanya kegiatan agar
mencapai tujuan. Fungsi pengendalian mencakup penetapan standar pelaksanaan,
penentuan ukuran pelaksanaan, serta pengambilan tindakan koreksi jika
pelaksanaan kerja menyimpang.
Fungsi Menejmen menurut G R Terry
1.
Planning (Perencanaan)
2.
Organizing
(Pengorganisasian)
3.
Actuating (Menggerakan)
4.
Controling (Pengawasan)
Tingkatan menejemen
·
Menejen Puncak, memiliki
kegiatan membuat konsep, ide, dan strategi perusahaan secara umum.
·
Menejemen tingkat menengah,
memiliki kegiatan menghubungakn antara menejem lini pertama denagn menejemen
puncak.
·
Menejeen lini pertama,
Merupakan menejemen yang tingkatanya paling rendah.
Bidang-bidang Menejemen.
·
Menejemen produksi meiliki
tugas mendisai jalanya kegiatan produksi, dan mengawasi produksi
·
Manajemen pemasaran
memiliki tugas menganalisis, merencanakan, dan mengendalikan program reset
pasar.
·
Menejemen keuangan emiliki
tugas mengelola dana perusahaan secara efisien guna mencapai tujuan perusahaan
·
Menejemen personalia
meiliki tugas menyediakan fasilitas, kesejahteraan, dan gaji karyawan serta
melakukan rekrutment karyawan.
·
Menejemen administrasi
memiliki tugas memberikan informasi administrasi guna melancarkan suatu
kegiatan.
Prinsip prinsip menejemen
1.
Pembagian kerja.
2.
Wewenang dan tanggung jawab.
3.
Disiplin.
4.
Kesatuan perintah.
5.
Kesatuan pengarahan.
6.
Kepentingan organisasi.
7.
Penggajian pegawai.
8.
Pemusatan.
9.
Ketertiban
10.
Keadilan dan kejujuran.
11.
Stabilitas kondisi karyawan.
12.
Prakarsa.
13.
Semangat kesatuan korp.
Kutipan Detik-detik Ekonoi kelas XII
Semangat belajar Ekonominya Dek.
BalasHapusSemoga masuk SNMPTN Undangan. Amin ... (/-,-\)