.

Sabtu, 11 Februari 2012

GEOGRAFI - Sumber Daya Alam

    Sumber daya alam (natural resources) adalah semua kekayaan alam , baik berupa benda mati maupun mahluk hidup yang berada di suatu tempat dan dapt digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Penggolongan Sumber Daya Alam

Berdasarkan Sifatnya

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) adalah sumber daya alam yang dapat diadakan kembali setelah digunakan sehingga tak akan habis.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) adalah sumberdaya alam yang tidak dapat diadakan kembali setelah digunakan, seperti barang tambang.
Berdasarkan Wujudnya
  1. Sumber daya alam berupa benda meliputi benda padat cair dan gas
  2. Sumber daya alam bukan benda meliputi keindahan alam dan tenaga surya
Berdasarkan Pembentuknya
  1. Sumberdaya alam biotik adalah sumber daya alam yang terbentuk dari kehidupan/sisa kehidupan.
  2. Sumberdaya alam abiotik adalah sumber daya alam yang terbentuk bukan dari kehidupan.
Sumber Daya Alam Tanah

   Tanah merupakan lahan penting bagi usaha pertanian, peternakan, perkebunan, dan permukiman. Tanah merupakan habitat penting bagi organisme. Oleh karena itu, tanah perlu di awtkan agar kesuburanya tetap terpelihara.

Jenis tanah
Perbedaan jenis tanah disebabkan oleh hal-hal berikut:
  • Batuan induk yang berbeda
  • Perbedaan curah hujan
  • Lama penyinaran oleh matahari yang berbeda
  • Perbedaan ketinggian tempat
  • Jenis tumbuhan
Jenis-jenis tanah di Indonesia antara lain :
  1. Tanah kapur/mediteran adalah tanah yang berasal dari pelapukan batuan kapur. tanah ini cocok di tanami dengan pohon jati.
  2. Tanah merah (terra rosa) terjadi karena pelapukan batuan breksi yang berasal dari gunung api. Warnanya kemerah merahan karena mengandung banyak unsur yang baik untuk pertanian
  3. Tanah laterit adalah tanah yang terbentuk dari bahan organik dengan daya serap mudah.. sifat tanah laterit kurang subur. jenis tanah ini dapat di usahakan  untuk tanaman palawija, hortikultura dan perkebunan karet.
  4. Tanah Vulkanik adalah tanah yang terjadi dari pelapukan batuan vulkanis yang sifatnya subur. Tanah jenis ini terutama terdapat di daaerah sekitar gunung api. Tanah ini cocok untuk pertanian dan perkebunan.
  5. Tanah gambut/organosol adalah tanah yang berasal dari sisa tumbuhan yang membusuk. Tanah ini terutama terdapat di daerah yang berawa-rawa. Ciri tanah gambut adalah becek dan kurang subur.
  6. Tanah podzol terbentuk karena proses pencucian dan curah hujan tinggi, kurang subur untuk pertanian. Tanah ini terdapat di pegunungan-pegunungan tinggi.
  7. Tanah humus, terdapat di daerah yang tanahnya tertutup oleh vegetasi. Warnanya kehitam-hitaman dan baik untuk pertanian.
  8. Tanah margel adalah percampuran tanah  liat, kapur, dan pasir. Tanah margel tidak subur, tetapi masih dapat ditanami pohon jati.
Lapisan Tanah
  • Lapisan tanah atas -- lapisan tanah atas memiliki ketebalan 10-30cm. Tanah olah atau tanah pertanian berwarna coklat kehitam-hitaman dan lebih gembur.
  • Lapisan tanah bawah -- lapisan tanah bawah mempunyai ketebalan 50-60cm, lebih tebal daripada lapisan ata. Warnanya kemerah-merahan, lebih terang atau lebih muda, dan lebih padat. Lapisan ini sering disebut tanah cadas atau tanah keras.
  • Lapisan bahan induk tanah -- lapisan bahan induk tanah warnanya kemerah-merahan atau kelabu-keputih putihan. Lapisan itu dapat pecah dan diuba dengan mudah, tetapi sukar di tembus oleh akar.

Source : Buku Geografi Bilingual kelas XI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar